Ketika kita mengalami kesulitan, beberapa orang menyarankan untuk mencarinya di Mbah Google (Googling). Sampek segitunya orang-orang menyebut Google dengan sebutan Mbah. Sebutan Mbah kalo di jawa adalah untuk mereka-mereka yang sudah sepuh dan sudah mempunyai banyak pengetahuan dan pengalaman dalam hidupnya. Walaupun begitu, masih ada saja yang ketika bertanya ke Mbah Googlemasih gak ketemu jawabannya. Bisa jadi mereka yang gak menemukan jawaban dari Googling itu kurang benar dalam memasukkan kata kunci pencarian atau memang Googling juga sebuah skill yang harus dipelajari atau didapat dari pengalaman hidup, tentu saja pengalaman hidup ber-googling.

Kali ini kita akan coba mengulas bagaimana cara melakukan pencarian di Google. Pertama, ketika kita mendapati error, langkah paling gampang adalah COPAS (Copy Paste) error tersebut langsung ke laman Google. Pastinya yang mendapati error tersebut kan gak cuma kita, banyak orang pasti mengalaminya juga.

Kedua, kita bisa melakukan pencarian lanjutan atau Advanced Search di Google seperti gambar di bawab ini Advanced Search . Kita bisa pilih kata apa saja, kata/frasa tertentu, atau selain kata/frase. Juga bisa secara spesifik memilih bahasa, regional atau pun pencarian dari website/domain tertentu.

Ketiga, kita bisa menggunakan kalimat cara menampilkan gambar pada halaman website dengan php. Ini langkah mudah dan pastinya banyak website yang menyajikan tutorial tentang yang kita cari. Jika memang dirasa dalam bahasa indonesia tidak ditemukan juga pencarian seperti kata kunci yang kita masukkan tadi, kita bisa menggantinya ke dalam bahasa inggris, kan Google bahasanya pake bahasa inggris.

Keempat, ketika sudah menemukan website/atau apa yang kita cari, maka langkah selanjutnya adalah berhati-hati jika klik website tertentu. Saat ini banyak sekali website palsu atau scam, terutama jika kita akan mencari sebuah software atau aplikasi yang akan kita install di komputer, bisa jadi kalo kita mengunjungi website palsu/scam, yang kita dapat malah software yang didalamnya ada malware/spyware. Maka prinsip kehati-hatian perlu juga dimasukkan dalam skill Googling.

Itulah beberapa cara yang bisa kita pakai untuk mengasah skill Googling kita, biar tidak ada alasan lagi bahwa tidak menemukan yang kita cari di Google.

Sekian.